Penerapan Metode Story Prompt dalam Mengasah Keterampilan Menulis Teks Cerpen Ekologi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pamekasan
Abstract
Metode story prompt adalah pembelajaran dengan rangsangan berupa gambar yang dijadikan sebagai langkah awal untuk mendapatkan sebuah ide saat menulis cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan metode story prompt. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskripsi dan interpretasi data kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat empat tahapan proses pembelajaran, penyajian story prompt, penyajian story prompt, pembuatan kerangka, dan penulisan cerita. Penggunakan metode story prompt dengan lima gambar bertema “Kesadaran Lingkungan” dapat mengasah keterampilan menulis teks cerpen ekologi siswa. Hasil pembelajaran dengan menggunakan metode story prompt menunjukkan bahwa penerapan metode tersebut efektif dalam mengasah keterampilan menulis teks cerpen ekologi siswa. Tidak hanya itu, metode story prompt juga berhasil memadukan kegiatan mengasah keterampilan menulis dengan peningkatan kesadaran lingkungan dalam bentuk karya tulis berupa cerita
Downloads
References
Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar. Edu Publisher.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90.
Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427.
Khoerunnisa, E., Putriani Khairun Nisa, Elisa Suhartini, Ika Rustiani, Anti Hastika, Yunianto Sulistomo, & Neti Yulianti. (2020). Super Complete SMP/MTs 7,8,9. Sahabat Pelajar Cerdas.
Kusmayadi, I. (2008). Think Smart Bahasa Indonesia Kumpulan Soal untuk Kelas X SMA/MA. Penerbit Grafindo Media Pratama.
Kusmiarti, R., Kartika, C., Intan Oktapioni, Agung Hardi Pranata, & Wulandari, W. (2024). Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IX G SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Journal of Language and Literature Education, 1(1), 12–19.
Neang, M. Y., D.M.E. Puang, & M.H.D. Bunga. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Iklan. Pendasi : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 124–132.
Nita, O. (2024). Penguasaan Kosa Kata dengan Keterampilan Menulis Cerpen. Jurnal KIBASP (Kajian, Bahasa, Sastra, dan Pengajara), 8(1), 46–59.
Pamuji, S. S. & Inung Setyami. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.
Pradopo, R. D. (2021). Stilistika. Gadjah Mada University Press.
Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sd Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147–159.
Rahmadani, M., Sulfasyah, S., & Rahayu, S. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 431–443.
Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229–244.
Sanulita, H., Suci Ayu Lestari, Syarmila, Intania Yustina, Atika, Septy Nurillah, Muhammad Iqbal, Loriya Elofhia, & Ayu Annisa. (2023). Keterampilan Berbahasa Reseptif (Teori dan Pengajarannya). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sari, A. T. O., Neila Ramdhani, & Mira Eliza. (2003). Empati dan Perilaku Merokok di Tempat Umum. JURNAL PSIKOLOGI, 30, 81–90.
Serlin, M. F., & Jamaludin, Z. (2024). Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IV SDI Tuanio dengan Menggunakan Media Pop Up. Jurnal Ilmiah Telaah, 9(1), 65–70.
Setiawan, A. (2021). Ayo Menulis Cerpen Pelajar Penggugah Jiwa. Uwais Inspirasi Indonesia.
Siahaan, N. H. T. (2004). Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan. Erlangga.
Simarmata, N., Telaumbanua, S., & Sari, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan Berbasis Teks untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Suparno & Yunus. (2006). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka.
Supeni, M. (2023). Menuju Cerpenis Andal Panduan Praktis Menulis Cerpen bagi Pemula. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Widaningsih, I. (2019). Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era RevolusiIndustri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia.
Yolan, Suparman, S., & Besse Herdiana. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negri II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102–108.
Zulaeha, I., Chitra Sintarani, Siti Aminah, Taripah, Astrid Lekatompessy, Sischa Fitria Apriani, Mohammad Ali Sidik, Anindhyta Putri Pradipta, Siti Fatimah, R. Moh. Rifal Riadin, Rini Yusnita, Risto, & Galih Aditya Purboyo. (2024). SPEKTRUM PEMBELAJARAN Bahasa di Era Merdeka Belajar. Penerbit Cahya Ghani Recovery.
Copyright (c) 2025 GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.